PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE

  • Dedi Susanto Akademi Komunitas Dharma Bhakti Bangka
Keywords: trust, convenience, price, online shopping interest

Abstract

Nowadays online shopping is no longer a necessity but has become a lifestyle. Especially during the COVID-19 pandemic, with limited mobility so many transactions must be done online. This study aims to determine the effect of trust, convenience, and price on online shopping interest. This study involved 50 respondents involving Alumni of Bina Nusantara University majoring in accounting computerization class of 1997, with data collection methods using questionnaires and data analysis with multiple regression models. The results showed that the variables of trust, convenience, and the price had an effect on online shopping interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Afrizal, Afrizal and suhardi, suhardi (2018): Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien. Published in: JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol. 4, No. 1 (July 2018): pp. 70-86.
[2]. Anggraeni, R. (2021). 10 Toko Online Paling Banyak Dikunjungi di Januari 2021 https://www.idxchannel.com/economics/10-toko-online-paling-banyak-dikunjungi-di-januari-2021. Diakses tanggal 21 Juni 2021.
[3]. Ernawati, N (2020). Teori kemudahan. http://repository.stei.ac.id/1387/3/BAB%202.pdf. Diakses tanggal 24 Juni 2021
[4]. Firdaus, R. (2021). Strategi Bertahan Dan Promosi Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang). JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 7(1), 102-114. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/116
[5]. Haryanto, A.T. (2021). Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta. Diakses tanggal 21 Juni 2021 Diakses tanggal 21 Juni 2021
[6]. Riyono, Budiharja, G.E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. https://media.neliti.com/media/publications/133954-ID-pengaruh-kualitas-produk-harga-promosi-d.pdf. Diakses tanggal 24 Juni 2021.
[7]. Perwira, R.A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Harga, Dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online (Studi Pada Toko Online Olx.Co,Id). http://repository.upy.ac.id/1702/1/Artikel.pdf. Diakses tanggal 28 Juni 2021.
[8]. Ransya, R. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Berbelanja Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen DI Situs Jual Beli Online Shopee Di Kota jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/674/1/Rendi%20Yansya%20%28SES141473%29%20bk-1%20-%20Rendy%20Yansya.pd. Diakses tanggal 28 Juni 2021
[9]. Ayuningrum, S. Idris. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Sebelumnya, Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Dalam Transaksi Belanja Online (Studi pada Produk Fashion di Area Semarang). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management. Diakses tanggal 28 Juni 2021
[10]. Sukma. (2012). Teori Kepercayaan. http://repository.umy.ac.id/ bitstream/handle/ 123456789/ 12363/F.%20BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y .Diakses tanggal 24 Juni 2021.
[11]. Wahyuni, N. (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/. Diakses tanggal 1 Juli 2021.
[12]. Mulyono. (2019). Analisis Uji Asumsi Klasik. https://bbs.binus.ac.id/ management/2019/12/ analisis-uji-asumsi-klasik/. Diakses tanggal 1 Juli 2021.
[13]. Wahyono, B. (2012). Olah Data Statistik. http://dataolah.blogspot.com/2012/08/regresi-berganda-uji-f-uji-t-dan.html. Diakses tanggal 1 Juli 2021.
Published
2022-07-28
How to Cite
Susanto, D. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 8(1), 48-58. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/142