PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANGKA SELATAN

  • Hamdan Hamdan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiba Pangkalpinang
  • Dwi Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiba Pangkalpinang
  • Afrizal Afrizal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiba Pangkalpinang
Keywords: Quality of learning, principal leadership, teacher performance, supervisory supervision

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of principals' leadership, teacher performance, and supervision on the quality of junior high school learning in the South Bangka Regency. The type of data used in this study is primary data, by distributing questionnaires to respondents consisting of principals, teachers, and supervisors. The research data were analyzed using multiple regression techniques. The results of the study concluded that simultaneously there was a positive and significant influence on the principal's leadership, teacher performance, and supervision on the quality of learning, and there was a positive and significant influence on the principal's leadership on the quality of learning. There is a positive and significant effect of teacher performance on the quality of learning. There is a positive and significant effect of supervision on the quality of learning. In improving the quality of learning, it is necessary to carry out a measurable assessment with the right indicators so that the decisions taken are on target.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Ade Mulyani (2012). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Pada SMK Sekabupaten Purwakarta. diakses tanggal 27 Pebruari 2021 dari: ejournal.upi.edu
[2]. Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
[3]. Agustina, dkk. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan Lampung Tengah. Diakses 5 Maret 2021 dari: jurnal.fkip.unila.ac.id
[4]. Ansory, H. A. F., & Indrasari, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
[5]. Ardiyansah, A., Hamdan, H., & Radiansyah, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Yang Berdampak Pada Pengembangan Karir. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 1-21. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/33
[6]. Dahlan, Hasim D, Hamdan: 2017.Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Administrare: Vol. 4, No. 2, Juli - Desember 2017.
[7]. Danny, Soesilo Tritjahjo. 2015. Teori dan Pendekatan Belajar: Implikasinya Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
[8]. Erna Widiyanti. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Melalui Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Semarang. Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang
[9]. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
[10]. Hasibuan, Malayu. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[11]. Imron, I., & suhardi, suhardi. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim, Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Dan Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 64-83. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/66
[12]. Kurniawan, R., & Hazir, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Yang Berdampak Pada Prestasi Kerja. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 115-134. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/69
[13]. Mulyasa, E., Dadang Iskandar., & Wiwik D.A. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
[14]. Nurhayati, dkk. (2020). Pengaruh kompetensi supervisi dan manajerial kepala madrasah terhadap mutu pendidikan madrasah tsanawiyah se Kecamatan Gatarang Kabupaten Bulukumba. diakses tanggal 28 Pebruari 2021 dari: journal.uin-alauddin.ac.id
[15]. Philip Fatma Dewi (2017). Pengaruh guru professional dan iklim sekolah terhadap mutu pembelajaran SD Muhammadiyah terpadu Ponorogo. di unduh 26 Pebruari 2021 dari: etheses.iainponorogo.ac.id
[16]. Subarino, dkk., Kepemimpinan Integratif: Sebuah Kajian Teori, Jurnal Manajemen Pendidikan. No. 01/Th VII/April/2011. media.neliti. com › media › publications › 114159-ID-k. diakses 5 Maret 2021
[17]. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung:Alfabeta
[18]. Supardi. 2016. Kinerja Guru.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
[19]. Susanto, Ahmad. 2018. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Depok: Prenadamedia Group
[20]. Uno, Hamzah. 2014. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta Bumi Aksara
[21]. Usman, Moh. Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Published
2022-07-30
How to Cite
Hamdan, H., Utomo, D., & Afrizal, A. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BANGKA SELATAN. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 8(1), 79-83. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/146