DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA WARUNG BAKSO MR. JOO DI KECAMATAN PAYUNG

  • Ahmad Yani Program Pascasarjana, Universitas Pertiba
  • Adrian Radiansyah Program Pascasarjana, Universitas Pertiba
  • Andy Yusfany Program Pascasarjana, Universitas Pertiba
  • Eki Arjuna Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pertiba
Keywords: Product Quality, Price, Service Quality, Customer Loyalty

Abstract

This study aims to determine and analyze: The Effect of Product Quality, Price, Service Quality and Purchasing Decisions that Impact Customer Loyalty at Mr.Joo Meatball Shop in Payung District. This research approach uses quantitative research. The population of the study was by looking at the number of customers visiting Mr.Joo Meatball Shop in Payung District in March 2023 as many as 137 people and the determination of samples in this study used the Slovin technique with a sig level of α = 0.05 or a 95% confidence level with a sample of 102 randomly selected people. The results showed that: 1) There is a direct influence between product quality, price and service quality on purchasing decisions. 2) There is a direct influence between product quality, price, service quality and purchasing decisions on customer loyalty. 3) There is an indirect influence between product quality through purchasing decisions on customer loyalty. 4) There is an indirect influence between price through purchase decisions on customer loyalty. 5) There is an indirect influence between service quality through purchasing decisions on customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asman, Nasir. 2021. Studi Kelayakan Bisnis, (Pendoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0). Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Baron Himawan, Sumaryanto & Retno Susanti (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Warung Mie Ayam Bakso Ajeng Karanganyar. Jurnal Ekonomi dan KewirausahaanVol. 16 No. 3 September 2016.

Budi Susdiarto, Adi Eko Priyono, & Endang Swastuti. (2013). "Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada PT.Pertani (Persero) Cabang Pekalongan." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No. 2.

Edi Wahyu Wibowo, Bambang Wahyudi Wicaksono, &Eko Sugiyanto. (2022). Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Cepat Saji Di Jakarta. Volume 16, Nomor 4:769-779 Oktober 2022|ISSN (P):1829-7463 \ ISSN (E):2716-3083.

Ely, Erinawati. dan Badrus Suryadi. 2021. Penataan Produk. Gramedia Widiasarana. Indonesia

Firmansyah, E. (2019). Pengaruh persepsi kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 10(2), 172-188.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Fuad, M. (2014). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program LISREL 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goesth, H. P., & Davis, G. W. (2019) Service Quality Management in Hospitality, Tourism, and Leisure. CRC Press.

Hamirul (2020). Manajemen Pelayanan Prima: Kunci Sukses Bisnis di Era Persaingan Global. Kencana.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Prinsip-Prinsip Pemasaran (17th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th Edition). Pearson Education.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2019). Marketing Management: An Asian Perspective. Pearson Education.

Krisnawati, L. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Memenuhi Harapan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 123-136.

Krisnawati, N., & Mahmud, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Sepatu Bola Di Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 78-89.

Lesmana, A., & Ayu, D. (2019). Analisis Kualitas Produk dalam Memenuhi Kebutuhan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 123-136.

Muhammad Deni (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Granat Mas Azis (Cabang Bukit Palembang). Research Paper Publication Jurnal Ilmiah Manajemen Terminal Informasi Ilmiah ISSN : 2089-2330 Vol : 11.01.2022 Hal : 45-56

Nuraini, S., Arifin, Z., & Kartini, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Warung Bakso Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(2), 1-12.

Nurfitriana, D., Surachman, A., & Hussein, A. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 61-72.

Selvi Milasari, Dian Komarsyah & Prasetya Nugeraha. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Bakso & Mie Ayam Sonhaji Sony Di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis Volume 1, Nomor 5, Maret 2021, pp. 235-250

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen Strategi dan Teori. Deliserdang: IOCS Publisher.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sulibhavi, B., & Shivashankar. (2017). Brand image and trust on customer loyalty: a study on private label brands in Hubli Dharwad conglomerate city of Karnataka. international journal of engineering research and application.

Suyanto, M. (2019). Manajemen Pemasaran: Konsep dan Implementasi. PT RajaGrafindo Persada.

Tanady, H., & Fuad, Y. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Indomaret di Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis, 25(1), 1-12.

Thompson, L. (2018). Consumer behavior: Buying, having, and being. Wiley.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta.Andi.

Tjiptono, F. (2020). Manajemen Jasa. Edisi 4, Yogyakarta: Andi.
Published
2024-01-06
How to Cite
Yani, A., Radiansyah, A., Yusfany, A., & Arjuna, E. (2024). DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA WARUNG BAKSO MR. JOO DI KECAMATAN PAYUNG. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 9(2), 88-106. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/201