PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PADA KEPUASAN KONSUMEN DI KANTOR PT WOM FINANCE CABANG PALOPO

  • Divya Maha Putri Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka
  • Andi Amri Tutor Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA, Jakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Di Indonesia, lembaga pembiayaan kini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Fakta tersebut ditandai dengan adanya peningkatan jumlah konsumen kreditur leasing dan jumlan perusahaan leasing yang semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pada kepuasan konsumen di kantor PT WOM Finance Cabang Palopo. Yang menjadi populasi yaitu seluruh konsumen pengguna jasa pembiayaan yang walk in atau berkunjung langsung ke kantor PT WOM Finance Cabang Palopo dimana purposive sampling merupakan metode penentuan sampel dalam penelitian ini dengan jumlah sebanyak 40 sampel. Penyebaran kuesioner yang melalui aplikasi google form merupakan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan skala likert. Diperoleh hasil yang menunjukkan secara simultan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan memiliki pengaruh pada Kepuasan Konsumen di Kantor PT WOM Finance Cabang Palopo. Sementara secara parsial, variabel Kulitas Pelayanan tidak memiliki pengaruh sedangkan variabel Kepercayaan memiliki pengaruh pada Kepuasan Konsumen di Kantor PT WOM Finance Cabang Palopo. Temuan ini menjelaskan bahwa kepercayaan memberikan kontribusi lebih terhadap kepuasan konsumen sehingga diperlukan kesungguhan, kemampuan, integritas dan willingnes to depend dalam menunjang kepuasan seluruh konsumen pengguna jasa pembiayaan yang walk in atau berkunjung langsung ke kantor PT WOM Finance Cabang Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37-52.

Angka, A. F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Wom Finance. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 91-100.

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226-233.

Hendayana, Y., & Sari, A. M. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jne Express Pondok Gede. Mediastima, 27(2), 153-169.

Karundeng, M. E., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Benteng Resort Batu Putih. Productivity, 2(6), 511-517.

Kailis, K. (2021). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Dwi Mitra SYNERGY (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Kesuma, E., & Amri, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada Sulthan Hotel Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(4), 176-192.

Komala, R., & Selvi, E. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online. Jurnal Manajemen, 13(3), 483-491.

Labibunnajah, M. H. (2023). Pengaruh Persepsi Tentang Relevance of Content Marketing Dan Opinion Of E-WOM Terhadap Minat Beli Melalui Identity Brand Image Sebagai Peran Mediasi (Studi Kasus Minat Beli iPhone 12 di Erafone Stores) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Linda Gustina, L. (2019). Strategi Pemberian Pinjaman Dana dalam Meminimalkan Risiko Kerugian di PT. WOM Finance TBK. Cabang Palopo (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Mahendra, K. P. (2019). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1).

Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29-38.

Nasution, M. I., & Simamora, W. S. (2016). Peran Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok (Vol. 2, pp. 181-186).

Nizamuddin, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Trans Sumatera Agung Gatot Subroto Medan. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 167-181.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201-212.

Putra, F., Supriyatin, S., & Sakti, I. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Citra terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen STEI, 4(1), 01-23.

Ritonga, R. R. (2023). Pengaruh Promosi di Media Sosial, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pelanggan Bengkel Mobil Autopilot.

Suryajaya, M. (2016). Kiat Sukses Hancur Lebur. Banana. Tasmiah, T. (2022). Respon Nasabah Terhadap Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan Pada BTN Syariah KCPS Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Published
2024-06-14
How to Cite
Putri, D., & Amri, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PADA KEPUASAN KONSUMEN DI KANTOR PT WOM FINANCE CABANG PALOPO. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 10(1), 31-41. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/210