PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS MASYARAKAT PADA TOKO KELONTONG BUMDESADESA RANGGUNGKABUPATEN BANGKA SELATAN

  • Dedi Kurniadi Universitas Pertiba Pangkalpinang
  • Mat Amin Universitas Pertiba Pangkalpinang
  • Nadia Sri Rezeki Universitas Pertiba Pangkalpinang
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kelengkapan produk terhadap loyalitas masyarakat pada Toko Kelontong Bumdesa Desa Ranggung, Kabupaten Bangka Selatan. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan jumlah sampel sebanyak 360 orang yang dari jumlah populasi 3.535 orang masyarakat Desa Ranggung Kabupaten Bangka Selatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kelengkapan produk (X3) memiliki hubungan yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap loyalitas masyarakat (Y). Pengujian secara simultan juga menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas masyarakat.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa harga yang kompetitif, kualitas pelayanan yang baik, dan kelengkapan produk yang memadai merupakan faktor-faktor penting yang dapat meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap Toko Kelontong Bumdesa Desa Ranggung. Oleh karena itu, pengelola toko disarankan untuk terus meningkatkan ketiga aspek tersebut guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. 2020. Principles of Marketing Eight European Edition. UK : Pearson

Gasperz & Vincent. 2019. Manajemen Kualitas (Penerapan Konsep-konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total). Edisi Mahasiswa. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tjiptono Fandy. 2020. Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tjiptono Fandy & Gregorius Chandra. 2020. Service, Quality dan Satisfaction (Edisi 5) Penerbit Andi Yogyakarta

Sugiyono. 2021. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Atifa Alif Febryanti, Sudharto P. Hadi & Sari Listyorini. (2024). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Dak Nalgae Tembalang Kota Semarang)” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 13, No. 1, 2024 e-ISSN 2746-1297 : https:// ejournal3. undip.ac.id /index. php/jiab.

Nathaza Gayatry Woen & Singgih Santoso. (2021). “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada gerai Burger King di Yogyakarta” Jurnal Maksipreneur Manajemen Koperasi dan Entrepreneurship 10(2):146 10(2):146 DOI:10. 30588/ jmp. v10i2. 712.

Ahmad Hasan Yani, Salfadri Salfadri dan Yulistia Yulistia. (2024). “Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko R4 Petshop Padang”. EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN 2(2): 115-124 May 2024 2(2): 115 – 124 DOI: 10. 31933 /emjm. v2i2. 1050.

Altun, Akhyar Abdullah dan Muhammad Basri. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Surya Swalayan Kendari”. Business UHO Jurnal Administrasi Bisnis 5(1): 228 June 2020 5(1): 228 DOI: 10. 52423 /bujab. v5i1. 12632.

Nurul Oktaviyana, Manah Tarman dan Subandy Widjaya. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Istana 45 Kholil Kabupaten Bangkalan”. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3) 8(3) DOI: 10. 58258 /jime. v8i3. 3593.

Surya Andika & Pupung Purnamasari. (2024). “Pengaruh Variasi Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan” Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi & Akuntansi (MEA) 8(2): 1539 - 1552 July 2024 8(2): 1539 – 1552 DOI: 10. 31955 /mea. v8i2. 4189.

Sulastri & Yusrianto Sholeh. (2024). “Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Src Tiga Berlian, Banyubunih, Kec. Galis”. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi & Akuntansi (MEA) 8(2):1519 - 1538 8(2): 1519 -1538 DOI: 10.31955/ mea. v8i2. 4182.

Siti Fajrotul Nurjamilah & Ahmad Sahri Romadon. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopima Aja”. Solusi 21 (1): 40 21 (1): 40 DOI:10. 26623 /slsi. v21i1. 6283.
Published
2024-07-27
How to Cite
Kurniadi, D., Amin, M., & Rezeki, N. (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS MASYARAKAT PADA TOKO KELONTONG BUMDESADESA RANGGUNGKABUPATEN BANGKA SELATAN. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 10(1), 122-131. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/215