ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MASKAPAI PENERBANGAN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI E-COMMERCE

  • Amri . STIE Pertiba Pangkalpinang
Keywords: e-Commerce, culture, social, personal and psychology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap perilaku konsumen maskapai penerbangan Lion Air dalam melakukan pembelian tiket pesawat melalui e-Commerce. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan maskapai penerbangan Lion Air yang pernah melakukan pembelian e-tiket di Wilayah Pulau Bangka yang berjumlah 250 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metoda regresi berganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumen maskapai penerbangan Lion Air dalam melakukan pembelian tiket pesawat melalui e-Commerce, variabel budaya terbukti mempunyai pengaruh signifikan dan  positif terhadap perilaku konsumen maskapai penerbangan Lion Air dalam melakukan pembelian tiket pesawat melalui e-Commerce, variabel sosial terbukti mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumen maskapai penerbangan Lion Air dalam melakukan pembelian tiket pesawat melalui e-Commerce

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ajzen, I (1985). “From intentions to actions: a theory of planned behavior”, in Kuhl, J and Beckman, J. (Eds), Action-Control: From Cognition Behavior, Springer, Heidelberg, pp. 11-39
Anoraga, Pandji, (2000), Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assael, H (1995), “Costumer Behavior and marketing action”. International Thompson Publising, Cincinnati Ohio.
Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Battacherjee, A. (2000), “Acceptance of e-commerce services: the case of electronic brokerages”, IEEE Transaction on Systems, and Cybernetics-Part A: System and Humans, Vol. 30 No.4, pp.411-20.
Better Business Bureau (2001), “Third-party assurance boosts online purchasing”,available at: www.bbbline.org//about/press/2001/
Beurekat, (2005), Faktor Lingkungan Sebagai Penentu Perilaku Konsumen, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 03 No.02, pp. 59-68.
Engel, James F.,dkk, (1994), Perilaku Konsumen, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Green, H. (2002), “Lessons of the cyber survivor”, Business Week, April 22, p. 42.
Harrison, D.A., Mykytyn, P.P. and Riemenshneider, C.K. (1997), “Executive decisions about adoption of information technology in small business: theory and empirical tests”, Information Systems Research, Vol. 8 No.2, pp. 171-95.
Horrigan, J.B. (2002), “Getting serious online”, Pew Internet & American Life Project, available at: www.pewinternet.org
Husaini, Usman., (2004), Metodologi Penelitian Sosial, Cetakan Kelima, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Jarvenpaa, S.L. and Todd, P.A. (1997), “Is there a future for retailing on the Internet” , in Peterson, R.A. (Ed.), Electronic Marketing and the Consumer, Sage, Thousand Oaks, CA, pp. 139-54
Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yoyakarta: BPFE.
Jupiter Research (2003), “online retail spending to soar in the US”, available at: www.nua.net
Kotler, Philip, Killer. 2007. Manajemen Pemasaran. Diterjemah oleh Benyamin Molan. Editor oleh: Bambang Sarwiji. Edisi 12. Jakarta: PT. Index.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.
Kurniawan, Heri. 2006. Analisis Pengaruh Faktor Dari Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Mie Sedap. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka. Malang.
Purbo, Onno W., Wahyudi, Aang Arif. (2001). Mengenal e Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Rakmat, Jallaluddin., (1999), Metode Penelitian Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Cetakan Ketujuh, Bandung.
Suhardi dan Darus Altin. 2013. Analisis Kinerja Keuangan Bank BPR Konvensional di Indonesia Periode 2009 sampai 2012. Pekbis Jurnal. Vol. 5, No.2, Juli 2013: 101-110.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ke enam. Penerbit. Andy. Yogyakarta.
Turban, Efraim., Lee, Jae., King, David., and Chung, Michael H. (2000). Electronic Commerce A Managerial Perspective. New Jersey: Prentice Hall International Promasanti, Ira. 2001. “One-Stop Surfing Yogyakarta Dot Com Virtual Enterprise.” Seminar Nasional E-Business: Application and Strategy form Small and Medium Business, 5 Mei 2001 dilaksanakan oleh Magister Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Wicaksana, I Wayan S., dan Wiryana, I Made, (1999). Web Sebagai Media Marketing. [on-line]. Available: http://www.ngelmu.dhs.org
Winardi, (1999), Marketing dan Perilaku Konsumen, Mandar Madju, Jakarta.
Published
2018-05-25
How to Cite
., A. (2018). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MASKAPAI PENERBANGAN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT MELALUI E-COMMERCE. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 1-15. Retrieved from http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/24