PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN TRANSFER PUSAT – DANA PERIMBANGAN TERHADAP PENGELUARAN DAERAH KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH

Author : Mohamad Makrus - STIE Pertiba Pangkalpinang

Abstrak

Pengeluaran daerah adalah suatu komponen dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten/Kota. Besar kecilnya pengeluaran daerah tersebut sangat bergantung di antaranya pada pendapatan asli daerah (PAD) dan transfer pusat – dana pertimbangan. Kedua sumber penerimaan tersebut menjadi sumber utama kabupaten/kota untuk  membiayai pengeluaran daerah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh PAD dan transfer pusat – dana perimbangan terhadap pengeluaran daerah kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah secara siimultan dan persial.

Penelitian ini di desain secara kausalitas di sertai penguji hipotesis, data skunder dalam penelitian bderjenis secara cross section di tahun 2014 yang ter update bulan juni 2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknis purposive sampling dari 35 populasi, di pperoleh 31 sampel kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah. Variabel penelitian yang di gunakan adalah PAD, transfer pusat – dana perimbangan, dan pengeluaran daerah yang di ambil dari laporan data reallisasi APBD tahun 2014. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS versi 20.

Simpulan, bahwa PAD dan transfer pusat – dana perimbangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel pengeluaran daerah kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah baik secara simultan maupun persial. Kemudian secara persial variabel PAD dan transfer pusat –dan perimbangan memiliki arah pengaruh positif, dan variabel transfer pusat – dana perimbangan memiliki pengaruh yang terbesar terhadap pengeluaran daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Kata Kunci : PAD,Transfer Pusat – Dana Perimbangan, Pengeluaran Daerah