PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN STRATEGIS KREATIVITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KERAJINAN KOPIAH RESAM DESA DENDANG KECAMATAN KELAPA BANGKA BARAT

  • Siti Napisah STIE Pertiba Pangkalpinang
  • Selindia Selindia STIE PERTIBA
Keywords: UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Kopiah Resam, Melestarikan Budaya Kopiah Tradisional.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of market oriented, product innovation and strategic marketing creativity on Kopiah Resam  in Dendang Village, Kelapa Bangka Barat. The sample in this study amounted to 187 people us Dusun Belit, Dusun Juruh and Dusun Ganjan using the Slovin method. The data analysis in this study is quantitative using multiple linear regression methods and the data is analyzed using the SPSS 25 program.  Simultaneously independent variables (market orientation, product innovation and strategic marketing creativity) have a significant effect on the dependent variable (Marketing Performance) in the Kopiah Resam MSME. R Square value of 0.535 or 53.5% means that the Purchase Decision variable in the Marketing Performance Study of in Dendang Village, Kelapa Bangka Barat is influenced by marketing orientation, product innovation and strategic creativity while the remaining 46.5% is influenced by other variables not used in this study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A Rai Narastika, Ni Nyoman Kerti Yasa, (2017). Peran Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:
Augusty Ferdinand (2000), Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Research Paper Series, BP UNDIP.
Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen, Bandung:Alfabeta
Basu Swastha Dharmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Cravens, David W. dan Piercy, Nigel F. (2013), Strategic Marketing, Edisi 10, New York: McGraw Hill.
Tulus T.H Tambunan, 2009, UMKN di INDONESIA, Ghalia Indonesia, Bogor.
Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset. Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I.H. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed). Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I.H. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indah Pratiwi. Zubaidah, 2017, Studi Tentang Songkok Resam Pada Masyarakat Bangka Belitung. The Jurnal of Art, e jurnal upn.ac.id
Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13 th ed). Jakarta Erlangga.
Kotler dan Philip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia (edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016b). The Buying Decision Process. Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Marlina, 2019. Pengaruh Orientasi Pasar,Iinovasi Produk dan Keativitas Pelaku Usaha Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Di Kota Makasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
M. Methasari. G. Kurniawan, A.Rochim S, 2018. Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Di Kabupaten Madiun. Dinamika Governance. E Jurnal UPN Jatim
Octavia, Ade. 2012. Faktor-Faktor Pendorong Terbentuknya Orientasi Pasar Ekspor Batik Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen.Vol.1.No.2.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
P Safitri dan Z Fajrin, 2019, Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kopiah Resam Mentari Pangkalpinang, https://journal.unimal.ac.id/emabis/article/view/390
Silalahi, Ulber. (2002). Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung, Alfabeta.
Suharno. Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sri Harini, Endang. S., Marwah E.P, 2022, Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vo. 6. JIBM
Tintin Suhaeni, 2018. Pengaruh strategis inovasi terhadap kinerja pemasaran (studi kasus UMKM bidang kerajinan tangan di kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. Jurnal polban.ac.id
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Inovasi dan Kreativitas Staregis Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen. Jurnal untagmsg.ac.id.
Yunita Dwi Pertiwi, 2016. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Keripik Buah di Kota Baru. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Semarang.
Published
2023-01-07
How to Cite
Napisah, S., & Selindia, S. (2023). PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN STRATEGIS KREATIVITAS PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KERAJINAN KOPIAH RESAM DESA DENDANG KECAMATAN KELAPA BANGKA BARAT. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 8(2), 11-23. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/161