PENGARUH LOKASI, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN SUBISIDI KOTA PANGKALPINANG

  • Andriano Dwi Mardani STIE Pertiba Pangkalpinang
  • Ahmad Yani STIE Pertiba Pangkalpinang
  • Siti Napisah STIE Pertiba Pangkalpinang
Keywords: Location, Price, Brand Image, Purchasing Decision

Abstract

This study aims to determine the effect of location, price, and brand image on purchasing decisions of Pangkalpinang City housing. The population in this study were consumers who had bought subsidized houses in Pangkalpinang City. The sample was determined based on a non-probability sampling method, with a quota technique of 120 respondents. The results of this study indicate that the influence of location, price, and brand image affects the decision to purchase subsistence houses in the city of Pangggkalpinang

Downloads

Download data is not yet available.

References

[ 1] Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.
[ 2] Badan Pusat Statistik Kota Pangkalpinang. 2018. Kota Pangkalpinang Dalam Angka 2018.(http://pangkalpinangkota.bps.go.id. Diakses 25 Maret 2019
[ 3] __________. 2016. Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang 2016. (http://pangkalpinangkota.bps.go.id. Diakses 25 Maret 2019).
[ 4] __________. 2016. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang 2015.(http://pangkalpinangkota.bps.go.id. Diakses 25 Maret 2019).
[ 5] __________. 2018. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang 2018.(http://pangkalpinangkota.bps.go.id. Diakses 25 Maret 2019).
[ 6] __________. 2018. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang 2017.(http://pangkalpinangkota.bps.go.id. Diakses 27 Maret 2019).
[ 7] Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
[ 8] Basu, Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.
[ 9] Cannon, Joseph P. William J. Perreault, Jr. dan E. Jerome McCarthy. dis2008. Pemasaran Dasar, Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku I. Alih Bahasa Afia R. Fitriani dan Ria Cahyani. Jakarta: Salemba Empat.
[ 10] Dinawan. 2010. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Free Press. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[ 11] Darmanto dan Sri Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish [ 12] Evisastra, Masud, Erwin dan Suhardi. "Analisis Pengaruh Disiplin, Motivasi, Kompetensi Dan Kepemimpinan, Terhadap Kinerja Serta Dampaknya Pada Prestasi Kerja Dan Kepuasan Kerja." JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen 4.1 (2018): 32-52.
[ 13] Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro
[ 14] Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
[ 15] Harjanto, Danny. 2015. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada CV. Interhouse Design. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 1, No. 3. Agustus 2016 (https://journal.uc.ac.id. 28 Maret 2019)
[ 16] Harjanto, Eddy. 2015. Manajemen Operasi Edisi Ketiga. Jakarta.: Grasindo
[ 17] Harsanto, Budi. 2013. Dasar Ilmu Manajemen Operasi.Sumedang: Unpad Press
[ 18] Heizer, Jay dan Barry Render. 2015.Operations Management (Manajemen Operasi), ed.11, Penerjemah: Dwi Anoegrah Wati S dan Indra Almahdy, Jakarta: Salemba empat
[ 19] Indrawan, Rully., Poppy Yaniawati. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : PT. Refika Aditama.
[ 20] Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum BPK RI. 2016. PP No. 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. (https://peraturan.bpk.go.id : 25 Juni 2019)
[ 21] Katili, Putiri Bhuana. Et al. 2016. Pengaruh Brand Image dan Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. (Studi Kasus: Perumahan Citra Garden BMW Cilegon). Jurnal Vol 19, No 1 (2016). (http://journal.uta45jakarta.ac.id : Diakses 28 Maret 2019).
[ 22] Keller, Kevin Lane, 2003, Strategic Brand Management, Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
[ 23] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2017. Kementerian PUPR Bertindak Tegas Terhadap Pelanggaran KPR Subsidi. (www.pu.go.id : 21 Juni 2019)
[ 24] Kotler,Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
[ 25] Kotler,Philip. & Armstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. EdisiKeduabelas.Jakarta : Erlangga.
[ 26] Kotler,Philip. dan Kevin L. Keller.2016. Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.
[ 27] Bank Tabungan Negara. 2017. KPR BTN Subsidi. (www.btn.co.id : 26 Juni 2019).
[ 28] Lo, Benny. 2014. Properti MODERAT (Modal Dengkul dan Urat) Kiat Untuk Memulai dan Menjadi Profit Di Bisnis Properti. Yogyakarta: CV. Andi Offset
[ 29] Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
[ 30] Machfoedz, Mahmud. 2010.Komunikasi Pemasaran Modern.Yogyakarta: Cakra Ilmu
[ 31] Mahardini, Ismi. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Permintaan Rumah Sederhana.Skirpsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
[ 32] Maoludyo and, Faishal Tanjung dan Atik Aprianingsih. 2015. Factors Influencing Consumer Buying Intention For Housing Unit In Depok. Jurnal Of Business And Management Vol. 4, No. 4, 2015: 484-493. (http://journal.sbm.itb.ac.id. Diakses 28 Maret 2019).
[ 33] Musay, Fransisca Paramitasari. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Surve Pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 3, No 2 Juli 2013.(administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. Diakses 28 Maret 2019).
[ 34] Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementrian PUPR. Tanpa Tahun. Data dan Informasi Backlog. (http://ppdpp.id. Diakses 28 Maret 2019).
[ 35] Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis Edisi 4. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[ 36] Rangkuti, Freddy. 2002. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
[ 37] __________. 2017. The Power Of Branded. Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merk. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.
[ 38] Rosyidatul Ulfiah, Nilam. 2017. Analisis Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Serta Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Amanda Brownies Jember. Skripsi. Universitas Jember. Jember.
[ 39] Santoso, Budi dan Achmad Adhito. 2013. Lokasi Emas Properti. Jakarta: Elex Media Komputindo
[ 40] Silalahi, Ulber. 2011. Asas-Asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama.
[ 41] Simamora, Bilson.2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
[ 42] Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[ 43] Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo.
[ 44] Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen Ed. Ketujuh. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT Indeks.
[ 45] Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk. Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.
[ 46] Sulastri, Lilis. 2014. Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik. Bandung. La Goods Publishing.
[ 47] Sunjoyo et al. 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung : Alfabeta.

[ 48] Suprayanto, RW. dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran Dilengkapi 45 Judul Penelitian dan Kasus Sehari-hari di Indonesia. Bogor: In Media.
[ 49] Sriyadi. 1991. Bisnis Pengantar Ilmu Perusahaan Modern. Semarang: IKIP Press.
[ 50] Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
[ 51] __________. 2008. Sevice Management. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
[ 52] __________.2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
[ 53] Walumas Property. 2019. Dukungan Pemerintah Untuk Pengembangan Rumah Subsidi.(http://walumas.com. Diakses 28 Maret 2019).
[ 54] Yosita, Nurcahaya dan Hartanti. 2015. Strategi Perencanaan dan Perancangan Perumahan Pada Era Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Deepublish [ 55] Zaputera, H., Amri, A., & Radiansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen yang berdampak pada Loyalitas Konsumen. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 34-52. Retrieved from http://www.stiepertiba.ac.id/ojs/index.php/jem/article/view/79
[ 56] Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M., dan Wilson, D. 2009. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Edisi 5. Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Published
2020-10-26
How to Cite
Mardani, A., Yani, A., & Napisah, S. (2020). PENGARUH LOKASI, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN SUBISIDI KOTA PANGKALPINANG. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 96-104. Retrieved from https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/94